Skip to main content
Cara Agar Terhindar Dari Radiasi Smartphone

Cara Agar Terhindar Dari Radiasi Smartphone

Handphone, Ponsel atau Smartphone adalah teknologi yang perkembangannya sangat cepat dibanding teknologi lainnya. Namun teknologi ini ternyata menjadi penyumbang beberapa penyakit akibat dari radiasi yang ditimbulkan. Badan kesehatan dunia (WHO) menyimpulkan, bahwa telepon seluler atau hp ini bersifat karsinogenik. Sehingga diperlukan strategi dan edukasi untuk mengatasi bahaya radiasi Hp bagi kesehatan manusia.

Bagaimana Terjadinya Proses Radiasi Smartphone?

Di dalam sebuah ponsel terkandung efek radiasi yang membahayakan kesehatan. Suatu transmitter mampu mengubah suara menjadi gelombang sinusoidal kontinu, selanjutnya dipancarkan melalui antenna berfluktuasi melalui udara. Radiasi elektromagnetik di timbulkan oleh gelombang radio, radiasi tersebut terdiri dari gelombang Elektrik dan Energi Magnet disertai kecepatan cahaya.  ketika kita menelpon menggunakan handphone yang diletakkan disamping kepala maka berpeluang radiasi HP terserap dengan mudah oleh jaringan tubuh.

Sebenarnya radiasi RF tidak menimbulkan efek yang buruk. Namun jika digunakan secara berlebihan dalam jangka panjang akan menimbulkan efek yang cukup besar dan dapat merusak jaringan tubuh kita.

Bagaimana Caranya Agar Terhindar Dari Radiasi Smartphone

Handphone atau Smartphone memiliki radiasi yang cukup berbahaya bagi kesehatan dan menimbulkan sejumlah penyakit seperti :

  • Kanker
  • Tumor Otak
  • Sakit kepala
  • Alzheimer
  • Parkinson
  • Berkurangnya sel sperma
  • Mudah Lelah dan banyak lagi.

Efek buruk yang paling signifikan yang di sebabkan oleh radiasi HP ialah penyakit kanker otak atau yang kita ketahui yaitu tumor otak. Beberapa pakar analisis mengungkapkan sebanyak 25 persen dari penggunaan ponsel akan berisiko tinggi mengalami kanker.

Maka dari hal tersebut kita sebagai manusia yang bijak bisa mengurangi hal-hal tersebut, dengan cara :

  1. Menggunakan Hand-free / Headset atau Mengaktifkan loudspeaker
  2. Bergantian Menggunakan Telinga
  3. Beralih ke mode offline jika tidak dipakai
  4. Gunakan Casing Antiradiasi
  5. Kurangi Menyimpan Smartphone Dalam Saku Celana

Penjelasan

  1. Menggunakan Hand-free / Headset atau Mengaktifkan loudspeaker
    Menggunakan Hand-free atau Headset ketika melakukan atau menerima panggilan akan mengurangi tingkat radiasi smartphone. Jika tidak memiliki headset, menyalakan loudspeaker adalah pilihan terbaik.
  2. Bergantian Menggunakan Telinga
    Jika menelepon dalam jangka waktu lama usahakan memakai telinga kiri dan telinga kanan secara bergantian dan berulang. Cara ini dapat membatasi paparan radiasi Hp pada satu sisi kepala saja.
  3. Beralih ke mode offline jika tidak dipakai
    Beralih ke mode offline atau flight mode adalah pilihan terbaik lainnya jika memang anda tidak menggunakannya untuk menelepon. Cara ini juga ampuh mempertahankan baterai hp lebih awet, dan juga lebih adem jika kita gunakan untuk bermain game atau memutar musik
  4. Gunakan Casing Antiradiasi
    Saat ini banyak tersedia casing anti radiasi dan harganya pun terjangkau. Beberapa ilmuwan telah menguji, bahwa  smartphone yang menggunakan casing anti radiasi terbukti mampu mengurangi radiasi hingga 66,7 persen
  5. Kurangi Menyimpan Smartphone Dalam Saku Celana
    Hasil dari sebuah penelitian diketahui, bahwa pria yang membawa smartphone di dalam saku celana cenderung memiliki jumlah sel sperma yang rendah, yaitu 25 persen lebih rendah daripada pria lain yang tidak menyimpan smartphone nya di saku celana. Setiap bagian tubuh menyerap radiasi pada intensitas yang berbeda, dan jaringan testikular juga lebih mudah diserang. Jadi hindarilah menyimpang (mengantongi) smartphone didalam saku celana jika tak ingin terkena bahaya radiasinya.