Skip to main content
Cara Ampuh Mengatasi Smartphone Cepat Panas

Cara Ampuh Mengatasi Smartphone Cepat Panas

Smartphone atau Hp yang cepat panas disebabkan oleh berbagai faktor misalnya beban kerja ponsel yang terlalu berat, aplikasi dan game, dan dari kualitas smartphone itu sendiri. Oleh karena beban berat tersebut sehingga prosesor yang terbenam didalamnya sedikit bekerja keras dan tentunya mengakibatkan baterai akan lebih cepat panas.

Penyebab Smartphone Cepat Panas

  1. Aplikasi yang berlebihan
  2. Signal / Jaringan tidak stabil
  3. Aplikasi yang aktif di latar belakang
  4. Baterai yang rusak
  5. Malware

Cara Ampuh Mengatasi Smartphone Cepat Panas

1. Install aplikasi yang penting saja
Smartphone Android dan Iphone Apple memang menawarkan banyak fitur dan aplikasi gratis, berusahalah untuk lebih bijaksana yaitu cukup menginstal aplikasi yang penting-penting saja atau sesuaikan dengan kebutuhan anda. Hal ini akan meminimalisir penggunaan baterai dan kinerja processor.

2. Jangan digunakan ketika di Charge
Menggunakan smartphone dalam keadaan charging (sedang mengisi baterai) adalah salah satu penyebab utama panasnya sebuah smartphone. Karena saat itu smartphone kamu sedang menerima aliran listrik dan disisi lain juga sedang mengkonsumsi listrik. Selain menyebabkan Hp cepat panas, menggunakan hp ketika di charge akan menimbulkan bahaya lain seperti baterai yang meledak. Woww..

3. Gunakan Baterai Yang Original
Jika baterai bawaan asli Smartphone kamu sudah rusak, usahakan menggantinya dengan baterai yang sama. Mendatangi gerai atau Dealer Smartphone resmi adalah yang paling tepat untuk mendapatkan baterai pengganti. Sebab, jika terus menggunakan smartphone dalam keadaan baterai yang sudah rusak akan menyebabkan Smartphone cepat panas dan berujung pada rusaknya komponen-komponen lainnya.

4. Memilih Jaringan Network Yang Tepat
Jika sinyal lemah maka smartphone akan membutuhkan daya yang lebih besar untuk mempertahankan sinyal tersebut. Selain itu jaringan yang buruk akan membuat koneksi data menjadi lambat sehingga dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengakses data internet dan melakukan sinkronisasi.

Jika kalian berada di daerah yang jauh dari Tower pemancar dan jaringannya naik turun, cara terbaik adalah memindahkan mode jaringan ke GSM saja. Atau beralih ke mode pesawat jika tidak ada jaringan sama sekali. Dan jika kalian berada di perkotaan yang memiliki jaringan yang stabil, cara terbaik adalah beralih ke salah satu jaringan saja, misalnya Hanya 3G, Hanya 4G atau Hanya GSM. Jangan sekali-kali memilih Otomatis. Karena smartphone kamu akan berpindah-pindah jaringan dengan sendirinya untuk menentukan koneksi terbaik. Berpindah-pindah jaringan secara otomatis inilah salah satu penyebab utama baterai cepat habis dan panas

5. Membersihkan Malware
Malware adalah penyebab lain yang mengakibatkan Smartphone menjadi cepat panas. Ketika Malware sudah menyusupi sebuah sistem maka akan terjadi kerusakan pada perangkat lunak. Dampak yang ditimbulkan berbeda-beda tergantung jenis malware-nya. Bisa jadi hanya memenuhi ROM, melakukan akses internet secara otomatis untuk memanggil perintah virus lainnya dan sebagian ada yg dapat merusak sistem hardware. Dampak yang ditimbulkan berbengaruh besar terhadap ketidak stabilan kinerja mesin dan berujung pada peningkatan suhu secara ekstrim pada sebuah Smartphone.