Skip to main content
cara ampuh mengobati gigi berlubang

Cara Ampuh Mengobati Gigi Berlubang

Artikel yang akan anda baca ini adalah cara ampuh mengobati gigi berlubang. Gigi berlubang disebabkan oleh berbagai hal diantaranya kebiasaan menyikat gigi yang tidak benar, adanya bakteri yang berasal dari sisa makanan, makanan dan minuman yang terlalu panas dan dingin, serta makanan dengan kadar gula tinggi.

Penyebab Utama Gigi Berlubang

1. Cara Menyikat Gigi Yang Tidak Benar
Kebiasaan menyikat gigi yang salah diantaranya adalah menggunakan air dingin, membasahi odol terlebih dulu, menggosok terlalu keras, durasi menggosok terlalu singkat, dan pemilihan sikat yang tidak sesuai dengan kontur gigi.Menyikat gigi dengan menggunakan air dingin akan menimbulkan rasa sakit, hal ini akan dirasakan oleh pengidap gigi sensitif.

Membasahi odol sebelum menyikat gigi tidaklah dibenarkan, yang benar adalah berkumur terlebih dulu, baru kemudian menggosoknya dengan sikat gigi yang telah diberi odol tanpa dicampur air. Dengan begitu akan menjamin kebersihan keseluruhan gigi karena busa yang keluar lebih sedikit. Menggosok gigi terlalu keras juga tidak baik karena akan mengikis email gigi yang menyebabkan terjadinya gigi sensitif.Selain itu, menggosok gigi yang terlalu singkat merupakan kebiasaan buruk yang harus dihindari, karena tidak menjamin dapat membersihkan sisa makanan yang masih terselip.

Dan penyebab terakhir berlubangnya gigi adalah pemilihan sikat gigi yang tidak sesuai dengan kontur mulut. Usahakan untuk memilih sikat gigi yang sesuai dengan kontur gigi anda, jangan terlalu besar atau terlalu kecil. Memilih ukuran sikat gigi yang tepat akan mampu mengeluarkan seluruh sisa makanan yang menjadi penyebab gigi berlubang.

2. Adanya Bakteri Dari Sisa Makanan
Sisa makanan yang menumpuk di gigi akan menyebabkan plak jika tidak segera dibersihkan. Plak yang menempel memang terlihat keras dan tidak berbahaya. Tapi tanpa kita ketahui, bagian dalam sebuah plak yang mengandung banyak bakteri itu pelan-pelan menggerogoti gigi. Awalnya mengikis email dan berakhir dengan pengeroposan.

3. Makanan dan Minuman Terlalu  Panas dan Dingin
Mengkonsumsi makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin akan menghentikan sementara aliran darah menuju gigi. Jika tidak kita hindari maka potensi gigi berlubang akan semakin tinggi. Kebiasaan buruk lainnya adalah langsung minum es padahal baru saja makan makanan yang panas. Itu tidak hanya mengakibatkan gigi geraham yang berlubang, tapi gigi-gigi yang lain juga akan keropos

4. Makanan Yang Mengandung Gula
Makanan mengandung gula yang terselip di gigi jika tidak dibersihkan akan berfermentasi dengan asam dan berujung pada karies gigi. Konsumsi makanan dan minuman manis terus menerus meningkatkan aktivitas bakteri memproduksi asam yang dapat mengurangi struktur gigi e-mail kita karena keasamannya. Kerusakan yang terjadi berupa gigi yang berlubang sehingga harus ditambal, atau dirawat saraf atau dicabut jika sudah tidak dapat dipertahankan.

Cara Ampuh Mengobati Gigi Berlubang

Sakit gigi berlubang adalah masalah yang cukup serius, dan jika tidak segera ditangani akan menimbulkan berbagai kesehatan yang mempengaruhi aktivitas sehari hari. Kondisi ini adalah hal lumrah yang pernah dialami siapa saja tak terkecuali saya sendiri. Diusia saya yang waktu itu baru berumur 18 tahun, dua gigi geraham saya yang kanan dan kiri telah saya cabut karena berlubang. Lubang tersebut diakibatkan oleh beberapa masalah diatas. Selain karena pola menyikat gigi yang tidak benar, penyebab utama gigi berlubang saya adalah karena sering meminum minuman yang terlalu dingin dan panas. Cara ampuh mengobati gigi berlubang bisa kita lakukan dengan menggunakan bahan-bahan berikut ini:

a. Menggunakan Antibiotik

Apabila sakit akibat gigi berlubang sangat parah misalnya terjadi pembengkakan, sebaiknya membeli obat antibiotik di Apotik terdekat. Obat yang dianjurkan adalah :

1. Aspirin and Ibuprofen
Keduanya dikenal baik dan cepat menghilangkan rasa sakit gigi dan mengandung asam asetilsalisilat yang mempunyai efek anti-inflamasi, anti-piretik, dan analgesik.

2. Super Green Plus SG
Obat ini mampu mengurangi rasa sakit dalam waktu kurang lebih 10 menit setelah pemakaian. Obat ini mengandung bahan herbal alami yaitu nigella sativa atau habbatussaudah, Murraya Paniculata, zat dari garam galian, dan berbagai mineral lain. Harga obat ini berkisar antara Rp.130.000 hingga Rp.160.000

3. Cataflam 50 Mg
Cataflam dapat meringankan nyeri dan pembengkakan, obat ini bekerja sebagai antipiretik dan analgesik. Obat ini tidak dianjurkan untuk anak dibawah 4 tahun, orang yang mengalami penekanan pada sumsum tulang belakang, orang yang pernah menggunakan bypass jantung, alergi pada bahan diclofenat, mempunyai maag yang parah, sariawan, kelainan pada pendarahan, hamil, dan orang yang mengalami gangguan fungsi hati. Obat ini bisa anda beli di Apotik dengan kisaran harga Rp.15.000

4. Antalgin
Antalgin atau yang dikenal metampiron atau dipiron adalah obat yang mampu menghilangkan rasa nyeri dan sakit gigi. Bukan hanya nyeri gigi saja yang bisa disembuhkan dengan obat ini, tapi juga nyeri yang lain, misalnya nyeri haid, sakit kolik abdomen, sakit kepala, dan sakit akibat kecelakaan.

b. Menggunakan Ramuan Alami

Jika situasinya tidak memungkinkan untuk membeli obat antibiotik seperti misalnya terkendala jarak yang jauh dan sebagainya. Anda bisa membuat sendiri ramuan alaminya yang bahannya bisa kita dapat di dapur, antara lain

1. Garam
Garam mengandung yodium yang dapat meringankan nyeri di gigi. Larutkan garam secukupnya kedalam segelas air hangat dan aduk sampai rata. Setelah itu gunakan untuk berkumur.

2. Serai
Rebuslah serai secukupnya, setelah dirasa cukup matang silahkan diamkan beberapa saat. Lalu ambil airnya dan gunakan untuk berkumur.

3. Cabe Rawit
Uleg lah 2 atau 2 buah cabe rawit hingga halus, lalu tambahkan dengan air hangat. Setelah itu letakkan di gigi yang berlubang dengan menggunakan kapas. Cabe rawit mengandung capsaisin dan kaya dengan vitamin C, serta mampu membunuh bakteri.