Skip to main content

Cara Dapat Banyak Duit di Youtube

Artikel dengan judul Cara Cepat Dapat Banyak Duit di Youtube ini saya tulis berdasar pengalaman pribadi. Artikel ini bersifat Cerita, jadi jika bosan silahkan di close saja tab-nya ya, wkwkwk.

Tujuan utama ditulisnya artikel ini semoga bisa menjadi penyemangat untuk para blogger maupun youtuber agar terus berkreasi.

Kita Mulai, Tapi Flashback Dulu ya

Saya dilahirkan pada 1986 dari keluarga kebawah-kebawah (bukan menengah kebawah) dengan kondisi keuangan pas-pasan dan bahkan kurang dari pas. Namun orang tua mengajarkan untuk tidak merasa miskin karena yang namanya miskin adalah mereka yang tidak mau berusaha dan cenderung menunggu rejeki datang dengan sendirinya.

Tahun 2001 adalah tahun bersejarah buat saya karena dimasa itu mengikuti program kursus komputer dasar dengan program bernama DOS, dimana pada tahun tersebutlah pertama kali saya menyentuh sebuah benda gepeng berwarna hitam dengan banyak tombol di permukaannya. Yang akhirnya diketahui benda itu disebut “Keyboard”.  Berbekal benda gepeng yang terhubung dengan layar warna biru yang tidak mampu menangkap siaran televisi itu, saya jadi lupa film Doraemon dan Dragonball kesukaan saya. Saya jadi rajin main game dan menulis lagu-lagu malaysia, dimana pada masa-masa itu band-band slowrock Malaysia seperti Iklim, Slam dan JKT48 seakan membius masyarakat indonesia, tak terkecuali saya. Dan yang tak kalah hebohnya pada saat itu adalah kejayaan game Freecell dan Solitaire diseluruh dunia. Semua orang memainkannya tapi tidak pernah mendapat hadiah.

Mengenal Internet

Tahun 2003 saya mulai rajin menghuni internet dengan tarif saat itu 7-12 ribu per jamnya, dengan aplikasi favorit Mirc dan Yahoo Messenger. Namun baru pada tahun 2007 saya mulai membuat website gratisan dengan platform Blogger. Ya, milik google.com.

Berbekal dari hobi nge-blog dengan tujuan membagikan informasi, saya seakan tenggelam didalamnya. Bahkan saya merasa tidak bisa hidup tanpanya, karena hanya itu yang bisa meredakan penyakit insomnia yang saya derita.

Berbekal keahlian coding HTML dan CSS yang saya pelajari secara otodidak dari Blogger, saya mulai merambah ke pembuatan website professional self hosted. Yaitu dengan cara membeli domain dan hosting sendiri. Ternyata keterampilan baru tersebut membuka pundi-pundi finansial dan mampu mengepulkan asap dapur, juga menambah lebar senyum istri saya.

Berkat doa kepada Allah SWT dan semangat untuk terus belajar, Alhamdulillah saya sempat menggarap beberapa website besar seperti perkantoran, sekolah-sekolah, kampus, instansi pemerintahan hingga website kepolisian. Namun karena bukan keahlian saya dibidang penagihan,  mengakibatkan banyak tertinggalnya sisa-sisa dana pengerjaan. Dari sekian persen total tagihan, hanya 50% persen saja yang dapat kami nikmati. Faktor utama seretnya penagihan akibat ekonomi indonesia yang sulit ini. Ya, itu yang saya rasa.

Bermain Youtube Tanpa Niat

Memang sudah lama saya membuat akun Channel Ary Anshorie, yaitu pada 2009. Namun saya tidak memahami sama sekali manfaatnya. Channel tersebut saya buat untuk menyimpan video anak-anak saya dengan harapan mereka bisa melihat masa kecilnya dikemudian hari hanya dengan membuka Youtube walaupun file aslinya tidak ada (contohnya jika rumah kebanjiran). Tapi maaf, video keluarga saya pada Channel tersebut dalam mode private karena khusus untuk anak-anak saya.

Keseriusan bermain Youtube ini bermula dari video yang saya upload di Youtube pada awal tahun 2017 ini, tepatnya 30 Januari 2017. Video dengan materi agama yang saya upload tersebut ternyata banyak ditonton oleh netizen, dan tak sedikit dari mereka yang me-Like serta meninggalkan komentar, juga meminta saya merilis video selanjutnya.

Merasa video saya banyak yang meminati, akhirnya saya merilis video berikutnya pada 14 Juni 2017 dengan konten serupa. Rilis video pertama dan kedua memang jauh, terpaut sekitar 5 bulan. Ini karena saya jarang membuka Youtube dan belum serius terjun didalamnya.

Tak disangka, video kedua yang saya upload 14 Juni 2017 ini masuk ke trending topic dengan urutan #21 dan ditonton sebanyak 720.240 kali (terhitung ketika artikel ngelantur ini saya buat). Serta tak sedikit dari website-website besar seperti Solopos.com dan lain-lain membuat artikel mengenai video ini. Dan nama sayapun dicatutnya.. kakakak

Kepuasan Menjadi Youtuber

Mulanya tidak ada niat bagi saya untuk mencari keuntungan dari video yang saya upload. Murni hanya iseng menerjemahkan video kedalam bahasa Indonesia agar bisa dimengerti masyarakat umum. Namun siapa sangka, video yang saya upload itu masuk dalam kategori “video bermanfaat”, kesimpulan ini bisa dilihat dari jumlah subscriber yang naik secara signifikan, banyaknya jumlah komentar, tingginya jumlah like dan rendahnya unlike.

Terhitung sejak artikel ini ditulis, jumlah subscriber di Channel saya mencapai 4.995 padahal sebelumnya hanya sekitar 123-an. Grafik kenaikan yang signifikan ini terjadi sejak saya mengupload video kedua (video yang diupload tanggal 14 Juni 2017). Bisa disimpulkan, jika video kita menarik maka Subscriber berdatangan tanpa diminta.

Hal inilah yang menyemangati saya untuk terus mengupload video-video yang berisi informasi bermanfaat kepada orang banyak. Hanya dengan sedikit kerja keras dan sedikit keahlian editing video, ternyata saya bisa membuat orang-orang suka dengan video yang saya berikan. ini adalah Final Sense bagi saya, kepuasan batin yang cukup adem karena memberikan informasi yang bermanfaat.

Mendapat Penghasilan Dari Video Youtube

Tak sengaja saya menemukan tombol Monetyze ketika mengotak-atik user interface Youtube. Disitu dijelaskan bahwa video anda bisa diuangkan. Kontan saya mengikuti arahan-arahannya dan sampailah kepada cerita lama, Adsense

Jujur, saya trauma dengan adsense karena pengalaman buruk bertahun-tahun yang lalu. Saya pernah dibanned Google lantaran meng-klik iklan sendiri (2008 silam). Namun sekarang, tanpa merasa cemas ditolak seperti artis sinetron menembak pacarnya, saya pun membuat akun Adsense dengan email yang baru. Dan Alhamdulillah akhirnya saya diterima. Disini saya bisa melihat statistik seluruh video yang saya uangkan, bahkan statistik pendapatan website mitramini.com ini.

Mendaftar Google Adsense untuk Youtube berbeda dengan website. Pendaftaran Adsense untuk website membutuhkan banyak waktu dan peninjauan oleh pihak Google, dan tak banyak dari mereka yang ditolak oleh karena berbagai sebab. Sedangkan untuk Youtube, jika video yang diupload sudah ditonton minimal 10rb kali dan tidak terbukti melakukan pelanggaran, seketika itu Google Adsense menerimanya.

Namun yang saya lakukan adalah sebaliknya, saya membuat akun Google Adsense untuk website mitramini.com. Dan syukur Alhamdulillah saya diterima, barulah kemudian saya mengintegrasikan akun Youtube dengan akun Adsense yang saya buat untuk website. Jadi kesimpulannya, uang yang saya hasilkan dari Youtube masuk kedalam akun Adsense website yang saya buat.

Tanpa berniat untuk pomar atau pamer, berikut ini adalah laporan pendapatan video yang saya upload terhitung mulai tanggal 17 – 21 Juni 2017 (5 hari). Semoga agan dan aganwati semangat ngeblog dan upload video setelah melihat screenshot berikut ini.

Gambar diatas adalah hasil dari 4 video di Channel saya. Pendapatan bisa semakin turun sesuai dengan jumlah netizen yang menonton video tersebut. Jika ingin pendapatan bertambah naik, sebaiknya rajin-rajin membuat video dengan konten yang bermanfaat. Hindari membuat video yang hanya mengharapkan keuntungan apalagi berupa spam. Keikhlasan berbagi itu luar biasa manfaatnya, bahkan sulit ditebak hasilnya.

Kesimpulan

  • Jangan merasa miskin, miskin adalah mereka yang tidak mau berusaha dan mereka panjang angan-angan
  • Terkadang rejeki itu datang tanpa kita rencanakan
  • Berlaku ikhlas untuk berbagi dapat membuka pintu rejeki
  • Jika Adsense untuk Youtube, daftarlah hanya video Youtube-nya (karena lebih cepat diterima)
  • Ternyata benda gepeng itu namanya Keyboard
  • Bermain Freecell dan Solitaire tidak akan mendapat hadiah
  • Internet tidak bisa menyembuhkan insomnia (jangan percaya keterangan diatas = HOAX)

Intinya, Cara Dapat Banyak Duit di Youtube itu sangat sederhana. Yaitu dengan membuat video yang bermanfaat untuk orang lain, menguploadnya, kemudian menguangkannya. Sudah itu saja, sekian terima kasih