Cara Mempercepat Propagasi Domain

Cara Mempercepat Propagasi Domain. Propagasi adalah waktu yang diperlukan sebuah domain untuk tersambung dengan server hosting. waktu untuk tersambungpun bervariasi bisa cepat bisa lambat. kadang beberapa menit setelah membeli domain sudah langsung bisa diakses namun tak sedikit pula hingga mencapai 48 jam, bahkan tiga hari. Proses ini juga disebut dengan Resolve DNS.

Analogi waktu propagasi dari Wikipedia “Jika seorang administrator telah mengatur TTL selama 6 jam untuk host www.wikipedia.org. Kemudian mengganti alamat IP dari www.wikipedia.org pada pukul 12:01. Administrator harus mempertimbangkan bahwa paling tidak ada satu orang yang menyimpan cachehingga pukul pk 12:00. Dan tidak menghubungi server DNS sampai dengan pk 18:00. Periode antara pk 12:00 dan pk 18:00 inilah yang disebut dengan waktu propagasi (propagation time), yang bisa didefiniskan sebagai periode waktu yang berawal antara saat terjadi perubahan dari data DNS, dan berakhir sesudah waktu maksimum yang telah ditentukan oleh TTL.

Tahukah anda? bahwa kita bisa membuat sebuah website hanya dengan Cara Mempercepat Propagasi Domain ini. anda bisa membuat website dengan domain apapun yang diinginkan. Tapi hanya bisa diakses di komputer yang telah di edit hosts nya (simak artikel ini selengkapnya)

Resolve DNS sebenarnya hanya mengarahkan IP domain kepada IP Hosting yang dituju. ketika keduanya bertemu kebanyakan tidak langsung tersambung oleh karena beberapa sebab dibawah ini:

  • Registrar Domain
    Ketika kita merubah Name Server (NS), maka Registrar akan menyambungkan domain tersebut menuju IP server hosting yang dituju. Domain Internasional atau TLD seperti (.com) biasanya merespon lebih cepat dibanding Registrar Domain name Lokal / ccTLD seperti (.id) dll.
  • Usia Domain
    Apabila kita membeli domain baru dan sudah mengarahkan nameserver-nya ke hosting kita. Biasanya tidak membutuhkan waktu lama untuk langsung tersambung. Hal ini dikarenakan proses registrasi tidak bekerja dua kali untuk menyambung. Karena asalnya menggunakan nameserver default registrar kemudian kita ubah ke nameserver kita sendiri. Lain halnya dengan Domain yang sebelumnya sudah diarahkan ke server hosting lama kemudian diarahkan ke hosting baru. Misalnya ketika proses pindah server, maka diperlukan waktu propagasi lebih lama. Hal ini disebabkan adanya cache, baik pada komputer kita maupun pada Internet Service Provider.
  • Internet Service Provider (ISP)
    Internet service provider juga sangat berpengaruh terhadap cepat atau lambatnya proses propagasi, karena rute informasi ketika mengakses internet. Dimulai dari adanya perintah dari komputer, kemudian perintah tersebut diteruskan ke ISP. Kemudian dari ISP akan meneruskan ke server hosting melalui beberapa titik jaringan. Begitu juga dengan respon yang diberikan oleh server hosting juga akan melalui rute tersebut. Dengan alasan untuk mengurangi beban terkadang ISP menggunakan cache memory lumayan besar, sehingga ketika customer mengakses internet terasa lebih cepat. padahal tanpa disadari data yang diakses sebenarnya adalah buffer. ISP seperti inilah penyebab utama lambatnya propagasi domain karena menunggu ISP tersebut melakukan refresh jaringan internetnya selain pengaruh registrar.

Cara Mempercepat Propagasi Domain

  1. Silahkan disable terlebih dahulu Antivirus apapun di komputer anda. Karena jika tidak, biasanya file hosts yang akan di edit tidak bisa disimpan.
  2. Catat IP Address Hosting anda dengan cara mengakses cPanel dan mengklik link Server Information di left sidebar bagian bawah. Contoh IP Address hosting saya 172.253.278.22, dan domain saya mitramini.com
  3. Buka file hosts di direktori C:\WINDOWS\system32\drivers\etc\hosts. Kemudian masukkan IP & Domain yang diinginkan dibagian paling bawah. Contoh :
    # Copyright (c) 1993-2009 Microsoft Corp.
    # This is a sample HOSTS file used by Microsoft TCP/IP for Windows.
    # This file contains the mappings of IP addresses to host names. Each
    # entry should be kept on an individual line. The IP address should
    # be placed in the first column followed by the corresponding host name.
    # The IP address and the host name should be separated by at least one
    # space.
    # Additionally, comments (such as these) may be inserted on individual
    # lines or following the machine name denoted by a '#' symbol.
    # For example:
    # 102.54.94.97 rhino.acme.com # source server
    # 38.25.63.10 x.acme.com # x client host
    # localhost name resolution is handled within DNS itself.
    # 127.0.0.1 localhost
    # ::1 localhost
    172.253.278.22       mitramini.com
    
  4. Setelah ditambahkan IP Address dan Domain silahkan save seperti biasa kemudian tutup
  5. Silahkan buka domain anda seperti biasa di browser, dijamin langsung bisa diakses

Cara Mempercepat Propagasi Domain pada cara ini sebenarnya hanya bersifat temporary. Dan domain yang dalam masa propagasi tersebut hanya bisa diakses disebuah komputer yang telah di edit file hostsnya, dan cara ini sangat berguna jika anda ingin cepat-cepat mengedit website atau sekedar mengedit theme, update artikel dan lain sebagainya. Jika proses propagasi telah selesai, saya sarankan untuk kembali mengedit file hosts menjadi seperti semula. Dengan menghapus IP Address dan domain yang telah kita tulis sebelumnya.

Manfaat Artikel ini

Selain untuk mempercepat propagasi domain, cara ini sangat ampuh untuk merancang sebuah website tanpa harus memiliki domain terlebih dulu asalkan memiliki hosting sendiri dan siap untuk diisi. Trik ini sudah saya lakukan dan berhasil tanpa mengalami satupun permasalahan. Singkat cerita, jauh hari ketika saya belum membeli domain mitramini.com ini, saya menambahkan Addons Domain mitramini.com di hosting, kemudian menginstal wordpress kedalamnya dengan menggunakan fitur Softaculous di cpanel. Setelah menginstal wordpress kemudian mengedit file hosts yang ada di folder C:\WINDOWS\system32\drivers\etc\hosts. dan bisa dibuka seperti website pada umumnya namun hanya bisa diakses dikomputer saya sendiri karena saat itu domainnya belum saya beli.

Sekian tutorial tentang Cara Mempercepat Propagasi Domain dari Mitramini, semoga bermanfaat untuk anda semua dan para sobat blogger yang sedang mendalam ilmu website ini. Mari bereksperimen dan terus berkreasi untuk selalu berbagi supaya pengetahuan kita tidak luntur seperti seperti noda di baju ketika dicuci

Cara Mempercepat Propagasi Domain
4.36 33 votes