Skip to main content
Cara Menghilangkan Bau Mulut Membandel

Cara Menghilangkan Bau Mulut Membandel

Bau mulut tak sedap dan membandel adalah momok mengerikan bagi semua orang karena mulut adalah salah satu indera utama untuk berinteraksi dengan orang lain. Meremehkan hal yang sepele ini sama saja membuka pintu musibah bagi anda yang kesehariannya dituntut bertatap muka dan berkomunikasi dengan sesama.

Penyebab Bau Mulut Tidak Sedap yang Membandel

  1. Kurang Terjaganya Kebersihan Gigi
  2. Kurangnya Asupan Air Pada Tubuh
  3. Terinfeksinya Sinus atau Amandel
  4. Tingginya Kadar Asam Lambung
  5. Adanya Penyakit Serius Dalam Tubuh

Masih tersisanya makanan yang menempel pada gigi akan menimbulkan tumbuhnya bakteri. Bakteri pada gigi tersebut menjadi penyebab munculnya bau mulut yang tak sedap. Bakteri-bakteri ini menghasilkan senyawa sulfur yang menimbulkan bau yang sangat busuk. Jadi, rajin membersihkan gigi di pagi dan malam hari adalah cara ampuh untuk terhindar dari bau tak sedak dan membandel ini.

Selain kurangnya aktifitas menggosok gigi, Kekurangan cairan tubuh adalah penyebab lain timbulnya bau mulut tak sedap ini. Karena jika tubuh kurang asupan air maka produksi saliva atau air liur akan menurun dan sel-sel di dalam mulut banyak yang mati. Sel-sel yang mati inilah yang nantinya akan menimbulkan bau busuk selain bakteri. Asal anda tahu, air liur sangat berperan penting membersihkan bakteri-bakteri di dalam mulut. Saliva juga menjaga sel-sel di dalam mulut tetap hidup. Mulai sekarang, minumlah air dalam jumlah cukup, sekurang-kurangnya 1,8 liter air per hari atau sesuaikan dengan kebutuhan tubuh anda.

Adanya peradangan atau infeksi pada Sinus dan Amandel akan menyebabkan timbulnya bau busuk. Karena radang tenggorokan dapat menghasilkan butiran-butiran kalsium di bagian belakang tenggorokan. Untuk mengatasinya minumlah antibiotik sesuai anjuran dokter atau berkumurlah menggunakan air berkadar garam tinggi. ini berfungsi membunuh bakteri.

Orang yang terserang penyakit maag tentu saja memiliki tingkat asam lambung yang tinggi tinggi, dan bau yang tak sedap seringkali timbul ketika seseorang tersebut bersendawa. Asam lambung sendiri berfungsi untuk membunuh kuman yang masuk kedalam lambung. Namun jika berlebihan akan bersifat korosif atau mengikis dinding lambung. Untuk mengatasinya, usahakan makan tepat waktu, kurangi begadang yang tidak bermanfaat, hindari minum cairan yang mengandung alkoholdan minum air yang cukup

Penyebab lain bau mulut tak sedap dan membandel ini diakibatkan oleh adanya penyakit di dalam tubuh misalnya kanker, tumor dan sebagainya. Tapi sebenarnya hal mendasar timbulnya bau mulut yang busuk ini disebabkan oleh kurang terjaganya kebersihan mulut atau malas menggosok gigi. Jadi mulai sekarang rajin-rajinlah menggosok gigi di pagi dan malam hari atau sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Obat dan Bahan Alami

Ada beberapa bahan almai yang dipercaya dapat menghilangkan bau mulut tak sedap dan membandel, diantaranya:

  1. Kayu Manis / Cinnamon
  2. Cengkeh
  3. Peterseli
  4. Jus Lemon
  5. Albothyl

Cinnamon atau yang biasa disebut kayu manis, mengandung aldehida cinnamic, yakni minyak esensial yang tidak hanya menutupi bau mulut, tetapi juga mengurangi jumlah bakteri dalam mulut. Untuk menggunakannya, didihkan satu sendok teh bubuk kayu manis dalam secangkir air kemudian menyaring airnya. gunakan untuk berkumur dan lakukan hal ini sesering mungkin hingga bau mulut menghilang.

Cengkeh bermanfaat menyegarkan napas dan memiliki sifat antibakteri yang bagus untuk menghilangkan bau mulut tak sedap. Mengunyah beberapa biji cengkeh hingga hancur dijamin ampuh menghilangkan bau mulut. Dan anda juga bisa membuat teh cengkeh dengan cara merebus satu sendok teh selama kurang lebih 10 menit kemudian menggunakannya untuk berkumur. Lakukan hal ini setidaknya dua kali sehari.

Peterseli adalah tanaman yang mirip dengan seledri. Peterseli mengandung klorofil yang dapat menetralkan bau mulut. Mengunyah setangkai peterseli segar dapat membantu menyegarkan nafas dan menghilangkan bau mulut anda. Atau anda juga bisa membuat jus dari peterseli dan meminumnya kapan saja anda mau.

Jus lemon mengandung banyak sekali manfaat. Selain untuk bahan dasar kosmetik dan antibiotik, kandungan asam yang ada pada lemon berfungsi mencegah pertumbuhan bakteri dalam mulut. Selain itu, bau yang menyenangkan dari lemon membantu menutupi bau tidak sedap yang berasal dari mulut. Buatlah jus lemon kental lalu dan bilas mulut dengan cara berkumur beberapa menit. Anda dapat juga menambahkan sedikit garam. Cara alami juga membantu untuk mengatasi masalah mulut kering yang merupakan salah satu penyebab bau mulut.

Albothyl adalah obat tetes cair yang bisa anda beli di banyak apotik yang tersebar di sekitar anda. Albothyl bekerja sebagai antiseptic, hemostatik, dan astringent. Obat tetes ini banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan mulut seperti menyembuhkan sariawan dalam sekejap dan mengobati luka lain yang ada pada tubuh. Untuk menghilangkan bau mulut dengan obat ini, cukup memasukkan sekitar 5 tetes Albothyl dalam segelas air kemudian menggunakannya untuk berkumur. Dijamin bakteri-bakteri yang ada pada mulut akan mati dan membuat mulut anda tetap bersih.

391