Cara Reset FRP Samsung SM-G531H

Ini adalah tutorial cara mereset FRP akun google yang nyangkut di Hp atau yang lebih familiar disebut Account Lock, khususnya Samsung Galaxy Grand Prime Duos SM-G531H. Awalnya saya bingung mau memberi judul apa pada artikel ini, karena baru pertama kali saya mengulas ini. Dari penelusuran saya di Google.co.id, kata kunci untuk menemukan artikel yang mengulas reset FRP ini adalah :

  • Bypass google account verification
  • Remove akun google samsung
  • FRP lock samsung
  • Bypass google account verification dan banyak lagi.

Akhirnya saya memilih judul Cara Reset FRP Samsung SM-G531H karena artikel yang saya tulis khusus mengulas smartphone tersebut. Dan semoga kawan-kawan terbantu dengan membaca artikel ini.

Menurut Samsung.com, FRP adalah singkatan dari Factory Reset Protection, yaitu sebuah fitur untuk melindungi smartphone Samsung yang menggunakan OS Android 5.1 atau diatasnya. Fitur sekuritas ini memungkinkan smartphone untuk mencegah pengguna yang tidak sah untuk menggunakannya. Misalnya, jika perangkat hilang atau dicuri dan seketika FRP diaktifkan. Pengguna hanya dapat mengaksesnya dengan menggunakan Akun Google yang pernah terdaftar pada perangkat tersebut.

Singkat cerita, seorang sahabat (saya anggapnya saudara) meminta bantuan kepada saya untuk memperbaiki Hp-nya yang tidak bisa digunakan setelah di flash. Dilayarnya tertulis

Perangkat ini disetel ulang. Untuk melanjutkan, masuk dengan Akun Google yang sebelumnya disinkronkan diperangkat ini

Intinya, hp ini bisa aktif hanya dengan email yang pernah digunakan sebelumnya. Namun masalahnya saudara saya ini lupa dengan email dan password yang pernah digunakannya pada Hp tersebut.

Ada beberapa cara yang telah saya lakukan untuk mengatasi hal ini, mulai dari soft reset, hard reset, nge-flash ulang, menggunakan metode USB OTG, hingga SideSync segala macam. namun semuanya gagal total, gara-gara saya sudah terlanjur mem-flashnya dengan firmware terbaru. Yang buntutnya diketahui ternyata cara-cara diatas hanya bisa digunakan pada firmware lama, dan tidak berefek terhadap firmware terbaru yang barusan saya instal. Hal itu terjadi karena google telah mengupdate security pada OS terbarunya ini.

Jika anda mengalami hal yang sama dengan saya, maka artikel ini sangat sayang untuk dilewatkan.. heee..PEDE.. Baik, yuk kita lanjut untk bypass akun google pada samsung galaxy grand prime duos sm-g531h

Bahan yang dibutuhkan

  1. Samsung USB Driver
  2. Odin V3.12.3
  3. Z3X Versi 24.3
  4. SBOOT_G531H.tar

INSTALASI
Setelah bahan-bahan diatas selesai di download, langkah selanjutnya adalah

  1. Menginstal Samsung USB Driver
  2. Menginstal Odin
  3. Mengekstrak Z3X, kemudian menginstal aplikasi Samsung Tool PRO_24.3.exe yang ada di didalamnya
  4. Setelah Z3X terinstal, pindahkan magic.exe dan loader.exe yang ada di folder patch kedalam folder instalasi Z3X. Biasanya terletak di C:\Program Files\Z3X\Samsung\SamsungToolPRO

Ada dua langkah yang harus dilakukan secara berurutan, yaitu mem-flash file SBOOT_G531H.tar via Odin dan mereset FRP dengan menggunakan Z3X.

LANGKAH PERTAMA (Flashing SBOOT_G531H.tar dengan Odin)

  1. Aktifkan Hp anda pada mode download (dengan menekan volume Up + tombol home + tombol power secara bersamaan)
  2. Jalankan Odin dan setelah Odin terbuka silahkan tancapkan kabel USB
  3. Klik pada BL kemudian cari file SBOOT_G531H.tar yang di download tadi
  4. Kemudian klik Start
  5. Selesai (Hp tidak usah dimatikan)

LANGKAH KEDUA (Mereset FRP dengan Z3X)

  1. Jalankan aplikasi Z3X, dengan cara klik kanan magic.exe dan run administrator. Kemudian klik Enable (jangan ditutup)
  2. Kemudian klik kanan Loader.exe dan run administrator, lalu klik Start Loader
  3. Aplikasi Z3X akan terbuka secara otomatis
  4. Setelah Z3X terbuka, silahkan double klik tipe Smartphone SM-G531H
  5. Kemudian arahkan pada tab Unlock
  6. Pada tab Unlock, silahkan klik Reset FRP/React/EE
  7. Proses berjalan dan… Selamat, anda berhasil

Jika masih belum jelas mengenai tutorialnya, silahkan visit youtube dengan mengetikkan keyword FRP Samsung reset. Sekian dan terima kasih telah berkunjung di Mitramini.com

Cara Reset FRP Samsung SM-G531H
4.6 5 votes