Skip to main content
manfaat menjadi blogger wordpress blogspot adsense

Inilah Manfaat Menjadi Blogger

Inilah Manfaat Menjadi Blogger yang perlu anda ketahui, dan semuanya akan diulas disini satu persatu. Artikel yang saya tulis ini mengulas tentang blog dan manfaat menjadi blogger yang wajib kita ketahui kriteria-kriterianya. Dengan harapan menambah wawasan kita terhadap dunia publishing online di jagad raya.

Namun sebelum ngomongin manfaat menjadi blogger. Alangkah lebih baik kita ketahui terlebih dulu apa itu blog, apa itu blogger? dan dimana saja kita membuatnya?.

Pengertian Blog dan Blogger

Sebagai bagian dari artikel dengan judul Inilah Manfaat Menjadi Blogger ini, saya jelaskan dulu pengertian Blog dan Blogger. Blog adalah website gratis yang bisa digunakan siapapun untuk menulis sebuah artikel tanpa harus membeli hosting dan domain terlebih dulu. Sedangkan Blogger berasal dari kata blog, sehingga blogger memiliki pengartian “orang yang aktif menulis di blog”.

Informasi selengkapnya, silahkan kunjungi artikel saya yang berjudul Pengertian Blog dan Blogger

Ada banyak sekali situs yang bisa membantu kita membuat blog secara gratis, tapi saya hanya menyarankan dua Situs dibawah ini saja. Karena situs dibawah ini menurut saya sangat memenuhi kriteria sebagai penyedia Blog Gratis Terbaik. Yaitu Blogger dan Wordpress.

Blogger / Blogspot

Blogger adalah penyedia blog gratis miliki Google. Tidak dikenakan biaya sepeserpun untuk membuat blog disini. Banyak keuntungan yang kita peroleh jika kita mulai membangun blog disini. Karena selain penyimpanan gambar yang terintegrasi ke Picass, Blogger pun menggunakan server Google. Alhasil, loadingnya pun cepat ketka diakses.

WordPress.com

WordPress.com Merupakan layanan pembuatan blog gratis dengan url domain, kemudian disusul dengan domain wordpress (contoh : aqivi.wordpress.com). Dan kabar baiknya, wordpress juga mengijinkan penggunanya untuk menggantinya dengan domain sendiri yang telah dibeli.

Inilah Manfaat Menjadi Blogger

Jangan kira menjadi blogger itu sia-sia. Orang-orang yang menekuni ruang lingkup ini berkembang otaknya, banyak temannya dimana-mana dan mengembang pula isi dompetnya. Sekedar info, bahwa pembaca blog di Indonesia  mencapai lebih dari 60 juta orang. Dan 90 persen perusahaan yang memiliki blog, rata-rata memperoleh setidaknya satu pelanggan setiap harinya. Selain itu 80 persen orang di Indonesia mendapatkan informasi yang mereka baca di blog. Jadikanlah hal tersebut sebagai sarana penyemangat untuk mulai ngeblog, karena menjadi penulis yang jujur tidak ada ruginya. Ada banyak sekali manfaat dan kelebihan menjadi Blogger, namun hanya 10 poin saja yang akan saya jelaskan. Mari kita simak bersama.

1 .Menjadi Penulis Handal

Menulis bukanlah bakat dari lahir, walau tidak menutup kemungkinan ada saja orang-orang yang memang memiliki bakat tersebut, tapi itu sangat jarang. Tapi tanpa kita sadari, menjadi blogger yang aktif akan mengasah kemampuan kita dalam menulis. Mulai dari belajar menyusun kalimat yang benar, mengatur paragraf, Collecting kosa kata baru, hingga menjiwai para pembaca. Pada poin terakhir mengenai Menjiwai Pembaca adalah, seorang penulis dituntut menyajikan konten yang mudah dipahami oleh pembacanya. Sehingga harus bekerja keras merangkai kata yang ditulisnya sembari bertransformasi sok-sok menjadi pembaca. Inilah hal mendasar yang menjadi penyebab para penulis memahami betul apa itu pendekatan psikologis. Poin pertama pada artikel Manfaat menjadi Blogger ini adalah tolok ukur usaha anda untuk terus belajar menulis

2. Banyak Teman

Karena sifat utama blog adalah saling berbagi informasi, maka menjadi Blogger tidak menutup kemungkinan akan terhubung dengan banyak orang. Biasanya diawali dengan saling meninggalkan komentar antar blog (cara ini disebut Blogwalking), kemudian disusul dengan pembicaraan lain yang bersifat pribadi. Ujung-ujungnya, sebuah komentar ringan membantu seseorang saling mengenal.

3. Banyak Wawasan

Rata-rata para Blogger adalah orang yang cerdas dan memiliki wawasan yang luas. Kecerdasan itu dihasilkan dari artikel yang pernah ditulisnya. Karena menulis sesuatu yang belum pernah diketahuinya akan ter-rekam disyaraf motoriknya dan akan terus-menerus di ingat. Ringkasnya, seseorang yang rajin menulis tentu saja membaca banyak informasi dari website lain sebagai pelengkap postingan yang ditulisya.

4. Kaya Mendadak

Jangan anggap remeh seorang Blogger. Memang kebanyakan dari mereka hanya ndekem saja di rumah, tapi sekali shopping sampai nggak kuat bawa barang belanjaannya. Kebanyakan dari mereka telah me-Monetisasinya dengan cara mendaftarkan blog yang dimilikinya kepada pihak periklanan untuk menaruh iklan di blognya. Banyak sekali perusahaan pengiklan yang bisa kita jadikan media sebagai peraup penghasilan, salah satunya Google Adsense.

Adsense adalah salah satu media periklanan yang dimiliki oleh google dan menggunakan sistem pay per click. Apabila pendaftaran anda diterima, anda diperbolehkan memasang script yang diberikannya kedalam blog yang anda miliki. Ingat, Google Adsense sangat kritis menilai blog yang didaftarkan. Konsistenlah untuk mematuhi ketentuannya seperti untuk tidak membajak materi orang lain. Karena bagi Google, hal tersebut merupakan pelanggaran berat

5. Bermanfaat Terhadap Sesama

Artikel yang kita tulis, otomatis akan ditemukan di mesin pencari tergantung keyword apa yang berhubungan dengan tulisan yang anda buat. Dengan demikian, apapun isi dari posting yang anda tulis adalah informasi terhadap yang sedang membutuhkannya. Singkat kata, sekali anda menulis maka tulisan anda merupakan manfaat terhadap sesama

6. Murah Hati Dimata Orang Lain

Blogger bukanlah orang yang pelit ilmu. Mustahil seorang itu disebut blogger jika tidak pernah memposting artikel di blog. Dan artikel yang telah anda tulis adalah sedekah kepada orang yang membacanya. Sehingga dimata pengunjung, anda dianggap sebagai orang yang murah hati dan suka berbagi kepada orang lain.

7. Mengetahui Info Terkini

Orang yang aktif di dunia internet tentu saja melihat banyak sekali informasi-informasi yang ber sliweran di layarnya. Sosok yang paling banyak mengetahui info terkini dan terupdate adalah mereka para Blogger yang aktif menulis. Informasi yang dilihatnya kebanyakan hanya bersifat kebetulan tanpa ada niat untuk mengetahuinya terlebih dulu. Momen yang paling sering dialami adalah ketika saling berkunjung ke blog lain untuk mencari rujukan ketika menulis. Karena tidak sengaja menemukan artikel aneh yang dilihatnya. Maka jangan heran jika para blogger mengetahui berita teraktual padahal di televisi belum ditayangkan beritanya

8. Tidak Gaptek

Tidak ada tuntutan bagi Blogger untuk melek teknologi, tapi secara tidak langsung mereka mengetahui sesuati terkait hal itu. Saya mengatakan hal tersebut karena Blogger adalah seorang penulis, dan seorang penulis pasti sering membaca (khususnya di internet). Dan seorang yang rajin membaca pasti mengetahui apapun yang dibacanya. Maka tidak mungkin mereka ketinggalan informasi dan tekbologi saat ini, apalagi media yang digunakan untuk menulis adalah komputer, pastilah mereka sudah mengetahui seluk belum teknologi kecil yang dipakainya.

9. Menjadi Pebisnis Sukses

Poin nomor sembilan ini bisa saja disandang oleh blogger, tapi dibutuhkan pembelajaran yang lebih dalam lagi. Karena yang namanya bisnis memiliki arti yang luas dan tidak hanya menjurus ke satu bidang. Para blogger bisa menjadi pebisnis yang handal selama bisnis tersebut masih berkutat di ranah Teknologi dan Informasi. Misalnya membuka toko online, menjadi reseller, hingga mengembangkan bisnis dibidang web developer.

10. Menjadi Orang Yang Bebas

Poin inilah yang menjadi alasan saya menjadi blogger, karena saya sangat tidak bisa bekerja dibawah tekanan perusahaan yang penuh aturan. Blogger adalah orang yang bebas, bebas dalam artian waktu dan tuntutan kedisiplinan. Jika kita berhasil memiliki blog yang menghasilkan uang, maka merdekalah kita dengan bersantai ria sembari ber ongkang-ongkang kaki dirumah.

Awas jangan berkhayal membayangkan poin 10 diatas. Karena untuk bisa mencapai poin tersebut banyak ujian yang harus kita lalui. Jadilah Blogger sejati dan tulus menulis artikel sendiri dengan tujuan untuk berbagi informasi. Jangan hanya memfokuskan diri untuk periklanan tanpa memperhatikan batasan, karena sekali saja salah langkah akan fatal akibatnya. Fatal yang saya maksud ialah dalam artian psikologi. Karena yang ada hanya keputus-asaan (rugi sudah lama-lama bikin blog tapi nggak dapat diterima Adsense juga). Demikian artikel yang berjudul Inilah Manfaat Menjadi Blogger yang saya tulis di Mitramini.com ini, semoga menambah wawasan kita, dan teruslah berbagi informasi.