Skip to main content
manfaat internet dalam pendidikan

Manfaat Internet Dalam Pendidikan

Sejarah Internet
Menurut Wikipedia, Internet adalah jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 melalui proyek lembaga ARPA yang mengembangkan jaringan yang dinamakan ARPANET. Tujuan awal dibangunnya proyek tersebut adalah untuk keperluan militer. Saat itu Departemen Pertahanan Amerika membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Awalnya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara dan University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969. Dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Pentingnya Internet Dalam Pendidikan
Pada fungsinya, Internet ibarat jendela dunia yang menyuguhkan informasi apa saja yang butuhkan. Saking banyakya artikel yang ada, jika dibaca semua akan memerlukan waktu sekitar 57 ribu tahun dan itu dibaca 24 nonstop per 7 hari. Tapi, jika dibaca 10 menit sebelum tidur, maka kita memerlukan waktu 8.219.088 tahun.
Jika dijadikan buku, maka halaman internet sedunia mempunyai berat sekitar 1 milyar pounds (jika di jadikan kg, maka setara dengan 453 juta kg), dan tingginya sekitar 10.000 kaki (setara dengan 3.048 meter / 3 km).

Internet adalah ensiklopedia bebas berisi artikel yang ditulis oleh berbagai orang yang berasal dari bermacam latar belakang berbeda. Oleh karenanya, artikel yang ada pun tidak hanya menjurus ke satu konten, namun aneka ragam bentuk yang akan kita dapatkan disana. Mulai dari artikel pendidikan, artikel bebas, ensiklopedia, tips dan trik pemecahan masalah, hingga kehidupan sehari-hari.

Internet sangat penting dalam dunia pendidikan, salah satu alasan adalah untuk memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan. Contoh kecil manfaat internet untuk pendidikan adalah kita dapat mencari informasi tentang berbagai hal didunia pendidikan, misalnya literasi, kesenian, perubahan kurikulum disetiap tahunnya, cara mengerjakan soal ulangan maupun UN untuk semua bidang studi. Selain contoh kecil diatas, masih banyak contoh lain manfaat internet dalam dunia pendidikan. Untuk itu internet dan pendidikan ibarat dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan karena keduanya saling terkait satu dan lainnya

Jika Pendidikan Tidak Ada Internet
Sebuah hal yang tidak lazim jika saat ini masih ada pihak sekolah yang melarang muridnya menggunakan fasilitas internet untuk tujuan pembelajaran dan pengajaran. Salah satu alasan adalah paraoid atau sikap takut yang berlebih jika para siswa menggunakan internet untuk tujuan yang tidak baik. Padahal internet memiliki banyak sisi positif ketimbang negatifnya, apalagi jika diterapkan sebuah aturan dalam penggunaannya.

Sisi Positif dan Negatif Internet Dalam Dunia Pendidikan
Jika saja internet diterapkan disekolah, maka akan sangat mempermudah proses belajar mengajar. Sebagai contoh pemberian tugas kepada para murid ketika Guru tidak berada dikelas, maka seorang Guru/ Pengajar tidak perlu repot-repot bertatap muka dengan murid untuk mendikte soal-soal yang akan diberikannya. Cukup membuatkan soal kedalam websitenya dan para siswa tinggal mengisinya disana. Sisi positif lain internet untuk pendidikan adalah penyampaian informasi yang cepat misalnya dengan menggunakan email. Dengan adanya email, pimpinan sekolah dapat dengan cepat menyampaikan suatu pengumuman dengan cepat dan up to date.

Di implementasikannya metode internet dalam pendidikan tidak menutup kemungkinan terjadinya berbagai hal negatif yang dilakukan peserta didiknya. Misalnya menyahgunakan internet untuk hal-hal yang berbau pornografi, hacking, cracking dan pelanggaran lainnya. Dalam hal ini pihak sekolah perlu membuat sebuah sistem pengajaran dan aturan yang diberikan kepada murid agar penggunaan internet yang negatif dapat diminimalisir.

Kesimpulan dan Saran
Sisi baik dan buruk internet dalam dunia pendidikan tergantung dari masing-masing penggunanya. Dan dengan dibuatnya sebuah aturan tertentu akan mampu mengarahkan para murid untuk menggunakan internet untuk hal yang baik. Internet sangat membantu mempersingkat waktu pekerjaan, penyampaian informasi yang cepat, efektif dan efisien

 

[huge_it_forms id=”4″]

Manfaat Internet Dalam Pendidikan
4.29 7 votes