Mengatasi Error Sleep, Hibernate, Shutdown, Restart Windows 10

Windows 10 memang sistem operasi yang luar biasa bagi saya. Karena selain ringan, OS ini dibekali Windows Defender yang membuat kita merasa selalu aman. Namun siapa sangka, ternyata pada Windows 10 ini ada hal yang mengganjal. Yaitu error-nya fungsi Shutdown, Restart, Sleep dan Hibernate yang tidak berjalan sebagaimana mestinya. Menurut kabar, hanya karena Bug tersebut banyak user yang melakukan downgrade. Hmm.. sangat disayangkan.

Baik, sebelum melangkah ke Cara mengatasi mode Sleep, Hibernate, Shutdown,  dan fungsi Restart yang error pada Windows 10 ini, ada baiknya anda mengetahui terlebih dulu perbedaan fungsinya. Karena masing-masing ada untung ruginya.

Perbedaan Fungsi Shutdown,
Fungsi Restart, Sleep dan Hibernate

Shutdown

Shutdown berfungsi menutup seluruh aplikasi dan mematikan sistem operasi yang berjalan, serta memutuskan seluruh listrik yang mengalirinya. Ketika dinyalakan kembali, maka komputer akan melakukan booting dan menjalankan hardware, sistem operasi dan software seperti biasanya.

Restart

Restart berfungsi menutup seluruh program yang berjalan dan menon-aktifkan komputer sementara waktu. Kemudian komputer akan hidup secara otomatis. Proses booting ketika restart tidak ada bedanya dengan menyalakan komputer ketika dalam keadaan mati. Bedanya, restart dilakukan dengan meng-klik menu Restart pada sistem operasi ketika komputer dalam keadaan hidup.

Sleep

Sleep berfungsi mematikan komputer dan memutuskan aliran listrik pada komputer, kecuali memory RAM. Pada mode ini hanya memory RAM yang dialiri listrik, karena RAM berfungsi menyimpan seluruh aplikasi yang berjalan. Sehingga ketika keluar dari mode sleep, komputer akan menyala dengan cepat tanpa harus menunggu proses booting. Mode Sleep menghabiskan energi listrik yang lumayan besar daripada hibernate. Biasanya mode ini akan berpindah menjadi mode hibernate apabila baterai laptop telah habis (tergantung pengaturan). Hal itu terjadi karena listrik dari baterai laptop terus mengaliri memory RAM. Untuk keluar dari mode ini cukup menekan sembarang tombol.

Hibernate

Hibernate hampir mirip dengan sleep. Bedanya, pada Hibernate ini semua data akan disimpan di Harddisk, sedangkan mode Sleep menyimpan data di memory RAM. Untuk keluar dari mode Hibernate cukup menekan sembarang tombol pada komputer dan komputer pun menyala kembali berserta seluruh aplikasi yang terbuka seperti sebelumnya. Proses keluar dari mode hibernate lebih lama dibanding dengan mode Sleep, dan hingga kini belum saya ketahui penyebabnya. Komputer pada mode hibernate menghabiskan energi yang jauh lebih kecil dibanding mode sleep, bahkan sebagian user berpendapat mode ini sama sekali tidak membutuhkan energi. Untuk keluar dari mode Hibernate cukup dengan menekan sembarang tombol

Masalah Utama

Shutdown

Jika kita mematikan komputer (mengklik shutdown), layar laptop memang mati. Tapi lampu indikator dan kipas processor masih menyala. Jika dibiarkan, komputer akan terus menyala dan akan mati sendiri ketika baterai laptop habis. Maka untuk mengatasinya adalah dengan menekan tombol power dalam waktu yang lama hingga terdengar bunyi “klek” yang menandakan bahwa laptop mati sepenuhnya. Namun cara ini sangat tidak saya sarankan karena berakibat buruk dengan kesehatan laptop dan komputer anda.

Restart

Keadaan yang terjadi ketika melakukan Restart ini benar-benar sama ketika kita melakukan shutdown. Yaitu layarnya mati, tetapi lampu indikator tetap menyala. Dan komputer tidak mau booting seperti yang kita harapkan. Untuk mengatasinya sama dengan diatas, yaitu menekan lama tombol power hingga laptop benar-benar mati.

Sleep

Laptop yang sedang dalam mode sleep, tidak akan bisa menyala walau telah kita tekan tombol power untuk menghidupkannya. Padahal normalnya, laptop yang dalam keadaan sleep akan langsung menyala walau kita tekan sembarang tombol, entah itu tombol keyboard, tombol power atau bahkan mengklik mouse. Cara mengatasinya sama dengan diatas, yaitu dengan menekan tombol power dalam waktu yang lama hingga terdengar bunyi “klek” yang menandakan bahwa laptop mati sepenuhnya. Tapi harus diingat bahwa cara ini sangat beresiko merusak komputer anda.

Hibernate

Masalah pada hibernate ini tidak jauh beda dengan sleep. Dan cara untuk mengatasinya sama seperti diatas, tapi hal tersebut sangat, sangat, sangat NOT RECOMMENDED.

Penyebab Utama

Penyebab utama masalah ini karena adanya Bug pada Windows 10. Dan entah mengapa hingga saat ini belum terdengar kabar adanya perbaikan dari Microsoft mengenai hal ini, meski pada windows 10 final sekalipun. Akibat Bug tersebut, komputer atau laptop yang sedang dalam mode sleep atau hibernate tidak akan menyala walau kita tekan tombol pada keyboard, mouse atau bahkan tombol power. Padahal normalnya, ketika komputer dalam mode sleep atau hibernate, komputer akan langsung menyala ketika kita meng-klik tombol apapun.

Cara Mengatasinya

Cara mengatasi error mode Sleep, Hibernate, Shutdown,  dan fungsi Restart pada Windows 10 ini tak sepanjang dan selebar uraian diatas.  Karena Anda hanya cukup Download Intel Display Optimizer dan menginstalnya kedalam komputer anda. Silahkan dicoba dan lihat hasilnya. Udah ya.. ditunggu komentarnya

Mengatasi Error Sleep, Hibernate, Shutdown, Restart Windows 10
4 1 vote