Pengertian Blog dan Blogger

Pengertian Blog dan Blogger. Blog adalah website gratis yang bisa digunakan siapa saja untuk menulis artikel tanpa harus membeli hosting dan domain terlebih dulu. Sedangkan Blogger berasal dari kata blog, sehingga blogger berarti “orang yang aktif menulis di blog”. Pengertian Blog dan Blogger sendirpun jarang dipahami oleh sebagian netizen. Saya pun awalnya mengira bahwa blog adalah blogspot itu sendiri, sedangkan Blogger adalah nama dari website yang menggunakan CMS blogspot. Tapi ternyata anggapan saya tidak benar, karena kedua hal tersebut memiliki makna yang luas dan tidak berpatok sepihak.

Pengertian Blog dan Blogger

Pengertian “Blogger” diatas adalah menurut pandangan saya pribadi, dan telah saya ramu dengan pendapat-pendapat yang saya baca dari internet. Intinya sudah jelas, bahwa blogger adalah si penulis blog, dan Blog berarti tempat para penulis menaruh tulisannya. Sebagai penambah wawasan dan keyakinan anda, kita simak penjelasan “Blog” dari website ensiklopedia terkenal ini yaitu Wikipedia.

Menurut Wikipedia, Blog merupakan singkatan dari web log. Yaitu bagian dari aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan dan ketika dibuat disebut sebagai “posting” pada sebuah halaman web. Postingan tersebut seringkali dimuat dalam urutan terbalik. Yaitu menampilkan posting atau artikel baru terlebih dahulu sebelum diikuti posting yang lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari  penulis blog tersebut

Dimana Kita Bisa Membuat Blog?

Ada banyak sekali situs yang bisa membantu kita membuat blog secara gratis. Dan yang namanya gratis tentu saja ada peraturan-peraturan yang wajib kita patuhi tergantung peraturan apa yang mereka buat. Selain disiplin mematuhi ketentuannya, hal-hal terkait fiturnya pun terbatas. Misalnya dalam pemilihan URL (Uniform Resource Locator) atau alamat blog, selalu diikuti dengan nama domain penyedianya. Namun anda jangan bersedih hati hanya karena hal ini. Karena rata-rata pihak penyedia mengijinkan para membernya untuk menggantinya dengan domain yang anda beli. Dari sekian banyak penyedia blog gratis yang ada, ada dua penyedia blog gratis yang terkenal yaitu Blogger dan Wordpress.

Blogger.com

Sebutan awal para penulis blog disebut Blogger memang berawal dari para netizen yang menggunakan layanan ini. Namun seiring dengan berkembangnya teknologi networking, istilah Blogger mengalami perluasan bersamaan dengan bertebarannya situs-situs yang membuat layanan serupa. Sehingga sebutan Blogger tidak lagi hanya menjurus kepada para admin Blogger saja.

Blogger sendiri adalah layanan blogging gratis yang awalnya dikembangkan oleh Pyra Labs pada 23 Agustus 1999. Namun telah dibeli oleh Google pada Februari 2003. Blogger menggunakan domain blogspot.com untuk setiap blog yang dibuat (contoh: mitramini.blogspot.com). Membuat blog di Blogger sangat saya sarankan. Karena selain menggunakan server google, artikel yang kita tulis pun lebih SEO Friendly dan cepat terindeks di mesin pencari. Keunggulan lainnya terletak pada penyimpanan gambar yang accessible, karena seluruh gambar yang telah diupload langsung tersimpan di Picassa. Jadi seandainya suatu saat blog telah kita hapus, kita masih tetap bisa mengambil gambarnya di Picassa. Layanan ini juga mengijinkan penggunanya untuk memanfaatkan blog yang dimilikinya dalam hal memasang iklan. Menaruh script ataupun gambar iklan dari pihak ketiga ke blog yang kita miliki akan menghasilkan banyak uang.

Untuk membuat blog di Blogger sangat mudah. Caranya dengan memiliki email terlebih dahulu (diutamakan Gmail), kemudian mengunjungi alamat situs pendaftaran Blogger dan mengisi formulir yang disediakan. Tutorial selengkapnya silahkan kunjungi artikel saya mengenai Cara Membuat Blog di Blogger Terlengkap

WordPress

Tidak beda jauh dengan Blogger milik Google, WordPress adalah aplikasi open source yang juga sangat populer digunakan sebagai blog. Jika blogger dibangun dengan pemrograman javascript dan HTML, lain halnya dengan wordpress yang dibuat dengan pemrograman PHP dan Database MySQL. Ada dua buah jenis WordPress yang bisa kita jadikan rujukan yaitu WordPress.org dan WordPress.com. Kedua hal tersebut memang tampak sama, tapi memiliki syarat yang berbeda dalam prakteknya.

  • WordPress.org
    Adalah untuk para pengembang website, karena ini adalah CMS yang bisa dipakai para developer untuk membuat website kedalam hostingnya sendiri. Jadi untuk anda yang ingin membuat blog gratisan, langsung saja mengakses wordpress.com.
  • WordPress.com
    Merupakan layanan pembuatan blog gratis dengan url domain, kemudian disusul dengan domain wordpress (contoh : aqivi.wordpress.com). Dan kabar baiknya, wordpress juga mengijinkan penggunanya untuk menggantinya dengan domain sendiri yang telah dibeli. Di WordPress.com inilah kita bisa membuat blog gratis sama seperti di Blogger. Tapi kabar buruknya, kita tidak di ijinkan memasang iklan apapun didalamnya. Selain itu kita tidak leluasa mengotak-atik kode theme atau template sebebas seperti di Blogger. Kesimpulannya bisa dilihat sebagai berikut :

    WordPress.org
    Untuk pengguna yang ingin memodifikasi WordPress menurut kebutuhan sendiri atau ingin membuat blog menggunakan alamat dan server sendiri.

    WordPress.com
    Untuk pengguna yang ingin membuat blog sendiri secara cepat dan punya alamat website.

Dua buah situs blog gratis yang saya ulas diatas sangat saya sarankan kepada anda para pemula yang ingin memulai blogging. Karena menjadi blogger itu sangat mudah dan tidak ada syarat apapun. Apalagi jaman sekarang blog yang bagus kontennya bisa di monetisasi alias diuangkan. Demikian artikel mengenai Pengertian Blog dan Blogger yang telah saya tuangkan di Mitramini.com. Semoga menambah wawasan anda tentang Pengertian Blog dan Blogger yang mungkin selama ini belum diketahui. Mari terus berbagi pengetahuan dan bermanfaat kepada orang lain melalui tulisan.

 

Pengertian Blog dan Blogger
4.05 42 votes