Skip to main content
cara pasang rating bintang hreview-aggregate muncul di google pencarian

Penyebab Rating Bintang Hreview-Aggregate Tidak Muncul di Google

Pada artikel ini akan saya jelaskan tentang penyebab kenapa rating star atau rating bintang hreview-aggregate yang kita pasang di blog atau website tidak tampilĀ di google. Dan syarat-syarat apa saja yang dibutuhkan agar google menampilkan bintang dihasil pencarian. Yuk kita simak!

Rating star hreview-aggregate adalah sebuah indikator penilaian terhadap artikel, seburuk dan sebaik apakah sebuah artikel yang sedang dibaca pengunjung blog. Sehingga hasil dari review yang diberikan oleh visitor akan ditampilkan di Google search, dan tentu saja menambah prosentasi klik yang lebih tinggi dibandingkan blog yang tidak ada rating bintang dihasil pencarian.

Antara tahun 2012 hingga 2014 banyak sekali rating bintang yang tampil di Google search, tapi entah mengapa tiba-tiba menghilang. Dan yang tersisa hanya sedikit saja, dan kebanyakan dari yang tersisa adalah web-web toko online, review buku dan web-web terkenal lainnya. Yang menjadi pertanyaan saya kala itu, apa penyebab hilangnya rating bintang di google?. Apakah google sudah menghilangkan fitur rating star? dan banyak pertanyaan lain yang saat itu belum terjawab.

Penyebab Rating Bintang Hreview-Aggregate Tidak Tampil di Google

Setelah berminggu-minggu mencari penyebabnya akhirnya saya menemukan jawaban yang lumayan memuaskan. Ternyata, ada dua jenis hreview-aggregate yang kala itu di indeks oleh google. Yaitu yang dibuat secara manual dan dibuat secara otomatis.

Rating manual adalah yang dibuat dan diberi nilai sendiri oleh sang pemilik blog. Misalnya memberi nilai sendiri pada bintang, jumlah vote dan lain-lain. Sedangkan Rating otomatis adalah nilai bintang yang murni diberikan oleh visitor untuk menilai kualitas sebuah artikel yang sedang dibaca.

Oleh karena google tidak menyukai hal-hal yang berbau manipulatif seperti pemberian nilai yang tidak sah dan sebagainya, maka di updatelah sebuah algoritma baru. Algoritma tersebut tidak menampilkan bintang dihasil pencarian bagi blog yang membuat rating bintang hasil manipulasi. Yang tetap tampil di hasil pencarian adalah web atau blog yang menggunakan rating otomatis. Yaitu rating bintang yang murni diberikan oleh visitor.

Nah saya yakin dengan penjelasan diatas, anda sudah faham penyebab rating bintang tidak muncul di google pencarian. Ingat, Google menyukai rating yang murni diberikan oleh pengunjung. Dan nilai yang diberikan tersebut harus tersimpan kedalam database yang kita buat. Rating bintang yang benarĀ adalah yang menggunakan sistem pembatasan pada IP Address. Jadi satu IP Address hanya boleh memberikan satu nilai, sehingga sifatnya tidak manipulatif.

penyebab rating bintang hreview-aggregate tidak muncul di google
Silahkan anda coba mengetikkan sendiri di google salah satu keyword yang ada di blog Mitramini.com ini. Sebagai percobaan, silahkan ketikkan “Inilah Manfaat Menjadi Blogger” dan lihatlah hasilnya. Anda akan melihat rating bintang pada hasil pencarian google di website saya. Ini karena saya menanamkan struktur rating bintang hreview-aggregate yang benar. Terima kasih salam Mitramini

 

Penyebab Rating Bintang Hreview-Aggregate Tidak Muncul di Google
4.04 24 votes